Rabu, 12 November 2014

Tutorial/Cara membuat ikat rambut dari kain sisa sasirangan

Halo gan buat yang lagi cari cara buat bikin ikat rambut nih ane kasih , asli bikinan ane gan. Ane bikin gegara d suruh guru jadi bahasanya baku. No copas copas. Ikat rambut ini terdiri dari 2 tutorial , nggak ada bedanya sebenarnya cuman beda kain aja. Oh iya ane pake kain sasirangan sisa penjahit.
Nih gan, mari di simak.Picnya nyusul ye :v.



Cara Membuat Ikat Rambut Dari Kain Sasiragan Bekas Penjahit
Alat dan bahan :
1.Kain sasirangan sisa penjahit
2.Karet ukuran panjang 15 cm lebar 1,5 cm
3. Penggaris
4.Gunting
5.Benang berwarna senada (yang saya gunakan berwarna biru malam)
6. Kancing baju berukuran sedang
7. Jarum
8.Setrika (jika kainnya kusut saja)

Cara membuat :
1.Siapkan alat dan bahan bahan. Lalu setrikalah kain sisa tadi jika memang kusut, bila tidak kusut tidak disetrika juga tidak masalah. Buatlah garis dikain sasirangan tadi. Agar mendapatkan hasil yang bagus kita sebaiknya menggaris kain tersebut tepat di motif yang kita inginkan. Buatlah garis diatas kain dengan ketentuan sebagai berikut (dapat disesuaikan dengan keinginan) :
a. untuk ikat rambut berukuran panjang 30 cm dan lebarnya 6 cm berjumlah 1 buah.
b. untuk hiasan berukuran panjang 30 cm dan lebaranya 10 cm berjumlah 2 buah.
Setelah itu masing masing kain yang telah diukur dilipat menjadi 2 lalu digunting..

hasil setelah dipotong , yang item itu kelebihan sebenarnya -___-


2. Untuk membuat ikat rambut, siapkan benang untuk menjahit.Sebelum menjahit baliklah kain ikat rambut agar hasil jahitan lebih rapi. Setelah dibalik lipatlah kain menjadi 2 (otomatis ukuran kain jika dilihat akan memiliki ukuran panjang 30 cm dan lebar 3 cm). Kemudian jahitlah bagian dalam ukuran panjang kain yang tidak menyambung menggunakan teknik tusuk jelujur.


3. Setelah selesai menjahit, baliklah kain ikat rambut tersebut. Lalu masukan karet ke dalam kain tersebut secara pelan pelan.Kemudian siapkan benang dan jahitlah karet tersebut sampai dirasa cukup kuat menggunakan teknik tusuk jelujur , jahitan dikaret tersebut membentuk pola persegi panjang dan jahitlah bagian lebar kain ikat rambut menggunakan teknik tusuk balut. Bisa juga menggunakan teknik tusuk  feston jika memang ingin menggunakannya.
balik pelan pelan ya


karet di masukkan

bagian ini yang di jahit

tusuk balut

4. Jika telah selesai membuat ikat rambut maka langkah selanjutnya adalah membuat hiasannya.Siapkan benang, sambunglah 2 buah bagian dalam lebar kain hiasan tadi menggunakan teknik tusuk jelujur. Selanjutnya baliklah kain, lipat menjadi dua (otomatis kain hiasan memiliki panjang 1 m dan lebar 4 cm) jahitlah lagi bagian luar panjang kain menggunakan teknik tusuk jelujur, menjahitnya jarang jarang saja.
ingat di jahit jarang jarang supaya hiasan bunga cantik

sambung di salah satu bagian saja 


5. Setelah dijahit sedikit. Tariklah pelan pelan jahitan kain tadi.Langkah tersebut dilanjutkan sampai kain yang telah kita jahit membentuk sebuah bunga yang mekar. Jika kain telah membentuk sebuah bunga, maka langkah berikutnya adalah menusukkan jarum ke arah belakang bunga


6. Berikutnya, yang kita lakukan adalah menjahit bagian belakang hiasan bunga tersebut. Jahitlah bagian belakang mengikuti pola yang dihasilkan hiasan tadi sampai dirasa jahitan tersebut sudah cukup kuat.


7. Selanjutnya,tekukkan kain ke arah dalam dan jahitlah bagian kain hiasan bunga  yang masih terbuka. Jahitlah menggunakan teknik tusuk jelujur. Pasanglah kancing di tengah tengah hiasan tadi dengan cara dijahit. Kemudian satukan hiasan dan ikat rambut tersebut dengan cara dijahit sembarang saja.Setelah semua  cara telah dilakukan maka jadilah ikat rambut yang cantik.





biar lebih cantik bisa di tambah hiasan lagi sesuai dengan selera


Jika ingin tidak terlalu ramai, kain ikat rambutnya bisa di ganti kain polos. :D.
(Ditulis dan disunting oleh princekevin.blogspot.com 27/11/14)







1 komentar:

  1. terimakasih tutorialnya, semoga saya bisa membuatnya.
    saya adalah Nopita Sari, jangan lupa kunjungi website https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Komen nya gan di tunggu :v